Monev Kurikulum KurikulumKuesioner Monev KurikulumHasil dari survei ini akan menjadi masukan untuk kemudian menjadi pertimbangan dalam perumusan dokumen kurikulum yang baru yang selaras dengan kebutuhan dunia kerja.Pilih Tahun Ajaran*Choose2022-2023 (Genap)2022-2023 (Ganjil)2021-2022 (Genap)2021-2022 (Ganjil)Pilih Fakultas*ChooseFKIPFSaintekProgram Studi*ChoosePendidikan Nonformal (PNF)Bimbingan Konseling (BK)Pendidikan Matematika (PMM)Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)Pendidikan Bahasa Inggris (PBI)Teknik SipilPerpustakaan dan Sains InformasiBiokewirausahaanAgroteknologiUsername*KODE/NIM*1. Kejelasan dan kelengkapan dokumen kebijakan tentang penyusunan dan pengembangan kurikulum Program Studi.*Terdapat dokumen yang disusun oleh Program Studi mencakup kebijakan, peraturan, dan pedoman yang memfasilitasi program studi untuk melakukan penyusunan, pengembangan, dan pemutakhiran kurikulum secara berkala.Terdapat Panduan penyusunan dan pengembangan kurikulum yang disusun Program Studi, namun hanya sebagian ketentuan dalam panduan yang dapat memfasilitasi program studi untuk melakukan penyusunan, pengembangan, dan pemutakhiran kurikulumPanduan penyusunan dan pengembangan kurikulum, hanya disusun oleh Prodi Bersangkutan dengan mengacu pada panduan yang diterbitkan oleh KemenristekdiktiPanduan penyusunan dan pengembangan kurikulum, hanya mengacu pada panduan yang diterbitkan oleh KemenristekdiktiTidak terdapat kebijakan, peraturan dan panduan tertulis untuk penyusunan dan pengembangan, dan pemutakhiran kurikulum.2. Pelibatan stake-holders (alumni, pengguna lulusan dan dunia usaha/industri) dalam penyusunan kurikulum. *Kurikulum program studi disusun dengan mempertimbangkan masukan : (1) alumni, (2) pengguna lulusan dan (3) DUDI, yang diperoleh melalui Tracer Study.Kurikulum program studi disusun dengan mempertimbangkan masukan : (1) alumni, (2) pengguna lulusan, yang diperoleh melalui Tracer Study. Kurikulum program studi disusun dengan mempertimbangkan masukan : (1) alumni, yang diperoleh melalui Tracer Study. Penyusunan kurikulum dilakukan oleh dosen program studi Penyusunan kurikulum dilakukan oleh ketua dan/atau sekretaris program studi saja.3. Kesesuaian kurikulum dengan visi dan misi, pencapaian kompetensi serta kebijakan Universitas, Fakultas, dan Prodi *Kurikulum telah mengacu pada visi dan misi, pencapaian kompetensi dan kebijakan universitas, fakultas dan prodi. Kurikulum telah mengacu pada visi dan misi dan kebijakan, fakultas dan program studi. Kurikulum hanya mengacu pada visi dan misi fakultas dan prodi saja Kurikulum hanya sebagian kecil yang mengacu pada visi dan misi prodi sajaKurikulum hanya mengacu pada kebijakan prodi saja4. Penetapan profil lulusan oleh rumpun keilmuan dosen dan Asosiasi program studi, dengan memperhatikan prospek lapangan kerja dan pengembangan diri.*Profil lulusan ditetapkan oleh rumpun keilmuan dosen dan Asosiasi program studi, dengan memperhatikan prospek lapangan kerja dan pengembangan diri Profil lulusan ditetapkan oleh rumpun keilmuan dosen, dengan memperhatikan prospek lapangan kerja dan pengembangan diriProfil lulusan ditetapkan oleh rumpun keilmuan dosen, dengan memperhatikan prospek lapangan kerja.Profil lulusan ditetapkan melalui rapat jurusan/prodi saja.Program studi tidak memiliki/ belum menetapkan Profil Lulusan.5. Kesesuaian Rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan dengan prospek lapangan kerja dan pengembangan diri, serta sesuai dengan visi, misi dan kebijakan Universitas, Fakultas, dan Prodi *Rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan sesuai prospek/kebutuhan lapangan kerja dan pengembangan diri, serta sesuai dengan visi, misi dan kebijakan Universitas, Fakultas, dan ProdiRumusan Capaian Pembelajaran Lulusan sesuai prospek/kebutuhan lapangan kerja dan sesuai dengan visi, misi dan kebijakan Universitas, Fakultas, dan ProdiRumusan Capaian Pembelajaran Lulusan sesuai prospek/kebutuhan lapangan kerja dan pengembangan diri, namun tidak sesuai dengan visi, misi dan kebijakan Universitas, Fakultas, dan ProdiCapaian pembelajaran lulusan hanya didasarkan pada kompetensi keilmuan prodi sajaCapaian pembelajaran lulusan tidak terkait dengan prospek/kebutuhan lapangan kerja dan pengembangan diri, serta tidak sesuai dengan visi, misi dan kebijakan Universitas, Fakultas, dan Prodi.6. Kejelasan Capaian Pembelajaran Lulusan, yang memenuhi standar kompetensi lulusan dan sesuai struktur dan deskripsi KKNI. *Capaian Pembelajaran Lulusan telah memenuhi standar kompetensi lulusan sesuai prospek perkembangan dan kebutuhan lapangan kerja serta sesuai dengan struktur dan deskripsi KKNICapaian Pembelajaran Lulusan telah memenuhi standar kompetensi lulusan dan sesuai dengan struktur dan deskripsi KKNICapaian Pembelajaran Lulusan sesuai dengan deskripsi KKNI namun tidak memenuhi standar kompetensi lulusan sesuai prospek perkembangan dan kebutuhan lapangan kerjaCapaian pembelajaran lulusan hanya memenuhi struktur mata kuliah program studiCapaian pembelajaran tidak sesuai SKL dan struktur serta deskripsi KKNI7. Ketentuan pembentukan mata kuliah dan besaran SKS *Penetapan mata kuliah di tetapkan berdasarkan Capaian Pembelajaran dan Bahan Kajian masing-masing CP. Besaran SKS di tetapkan berdasarkan waktu yang dibutuhkan untuk pencapaian keluasan dan kedalaman bahan kajian mata kuliah.Penetapan mata kuliah di tetapkan berdasarkan Capaian Pembelajaran dan Bahan Kajian masing-masing CP. Besaran SKS hanya di tetapkan berdasarkan pembobotan bahan kajian mata kuliahPenetapan mata kuliah di tetapkan berdasarkan kebutuhan pencapaian isi Capaian Pembelajaran. Besaran SKS di tetapkan berdasarkan pembobotan mata kuliahPenetapan mata kuliah di tetapkan berdasarkan kebutuhan program studi. Besaran SKS di tetapkan berdasarkan pembobotan mata kuliahPenetapan mata kuliah dan besaran SKS tidak di tetapkan berdasarkan Capaian Pembelajaran dan Bahan Kajian masing-masing CP serta keluasan dan kedalaman bahan kajian mata kuliah.8. Ketepatan metode dan strategi pembelajaran sesuai karaktersitik Capaian Pembelajaran. *Penggunaan metode dan strategi pembelajaran telah menerapkan metode/model pembelajaran secara kolaboratif yang berpusat pada aktivitas mahasiswa, dengan penggunaan media yang sesuai karakteristik isi capaian pembelajaranPenggunaan metode dan strategi pembelajaran telah menerapkan metode/model pembelajaran secara kolaboratif yang berpusat pada aktivitas mahasiswa, namun belum sesuai karakteristik isi capaian pembelajaranPenggunaan metode pembelajaran telah menerapkan metode ceramah dan diskusi serta menggunakan media penunjang yang sesuai dengan karakteristik isi materi pembelajaran Penggunaan metode pembelajaran menerapkan metode ceramah dan diskusi sajaPenggunaan metode pembelajaran tidak menerapkan metode/model pembelajaran secara kolaboratif yang berpusat pada aktivitas mahasiswa, dan tidak menggunakan media sesuai karakteristik isi capaian pembelajaran9. Ketepatan sistem penilaian dalam mengukur pencapaian Capaian Pembelajaran. *Sistem penilaian keberhasilan pembelajaran telah menerapkan teknik dan instrumen penilaian yang dapat mengukur tingkat partisipasi, unjuk kerja dan luaran kompetensi sesuai CPL Mata Kuliah.Sistem penilaian keberhasilan pembelajaran telah menerapkan teknik dan instrumen penilaian yang dapat mengukur partisipasi, tingkat unjuk kerja melalui UTS dan UAS.Sistem penilaian keberhasilan pembelajaran telah menerapkan teknik penilaian yang untuk mengukur tingkat pengetahuan melalui UTS dan UAS. Sistem penilaian keberhasilan pembelajaran menerapkan instrumen penilaian untuk mengukur tingkat partisipasi dalam pembelajaran.Sistem penilaian keberhasilan pembelajaran hanya berdasarkan tugas mahasiswa10. Perencanaan Pembelajaran *Perencanaan pembelajaran menggunakan RPS yang memuat : a) Nama program studi, b) nama dan kode mata kuliah, c) semester, sks, nama dosen pengampu; d). Capaian pembelajaran lulusan yang dibebankan pada mata kuliah; e) Deskripsi mata kuliah. f) Kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran untuk memenuhi capaian pembelajaran lulusan; g) Kriteria, indikator, dan bobot penilaian; h) Pengalaman belajar mahasiswa yang diwujudkan dalam deskripsi tugas yangharus dikerjakan oleh mahasiswa selama satu semester; i) Metode pembelajaran; j) Bahan kajian yang terkait dengan kemampuan yang akan dicapai; k) Waktu yang disediakan untuk mencapai kemampuan pada tiap tahap pembelajaran; l)Daftar referensi yang digunakanPerencanaan pembelajaran menggunakan RPS yang memuat : a) Nama program studi, b) nama dan kode mata kuliah, c) semester, sks, nama dosen pengampu; d). Capaian pembelajaran lulusan yang dibebankan pada mata kuliah; e) Deskripsi mata kuliah. f) indikator, penilaian; g) Pengalaman belajar mahasiswa yang diwujudkan dalam deskripsi tugas yangharus dikerjakan oleh mahasiswa selama satu semester; h) Metode pembelajaran; i) Waktu yang disediakan untuk mencapai kemampuan pada tiap tahap pembelajaran; j) Daftar referensi yang digunakanPerencanaan pembelajaran menggunakan RPS yang memuat : a) Nama program studi, b) nama dan kode mata kuliah, c) semester, sks, nama dosen pengampu; d) Deskripsi mata kuliah. f) indikator, penilaian; g) Waktu yang disediakan untuk mencapai kemampuan pada tiap tahap pembelajaran; h) Daftar referensi yang digunakan Perencanaan pembelajaran menggunakan RPS yang memuat : a) Nama program studi, b) semester, sks, nama dosen pengampu; c) Deskripsi mata kuliah. d) Waktu yang disediakan untuk mencapai kemampuan pada tiap tahap pembelajaran; e) Daftar referensi yang digunakanPerencanaan pembelajaran tidak menggunakan RPS